Mulai dari Diri - Modul 1.1

Refleksi diri tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara


REFLEKSI PEMIKIRAN

KI HAJAR DEWANTARA


1. Refleksi Kritis

Pendidikan dan Pengajaran

Pendidikan dan pengajaran adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan Ki Hajar Dewantara membedakan kedua hal tersebut.

Pengajaran adalah bagian dari pendidikan, pengajaran sebuah proses pendidikan dalam memberi ilmu dan kecakapan hidup kepada anak secara lahir batin.

Pendidikan memberikan tuntunan ke segala kodrat yagn dimiliki anak agar mencapai keselamatan dan kebahagaiaan setinggi -tingginya sebagai manusia dan masyrakat

Relevansi

Pemikiran Ki Hajar Dewantara saat ini masih relevan dengan perkembangan pendidikan saat ini, Ki Hajar Dewantara menjelaskan pendidikan harus sesuai kodrat alam dan kodrat Zaman, pendidik harus terbuka dan mengikuti perkembangan jaman, serta memberikan kebebasan kepada anak untuk berkembang sesuai kodrat alamnya yaitu lingkungan yang membentuknya dan sifat dan karakter dasarnya dan kodrat jaman dimana anak hidup dimasanya agar merkea bisa hidup berkarya seusai zaman.

Secara khusus di sekolah saya, pemikiran Ki Hajar Dewantara secara umum relevan, meski masih belum sempurna dalam penerapan karena beragamnya pemahaman dan latarbelakang pendidik dalam menghayati dan memahami pemikiran Ki hajar Dewantara. Belum semua pendidik bisa memerdekakann anak untuk berkembang sesuai minat dan kodrat alamnya

Secara umum sebagai pendidik saya sudah melakukan fungsi saya menuntun anak sebagai bagian dari pendidikan dan memberi bekal ilmu untuk kecakapan hidup anak, meski hal itu belum sempurna karena beragamnya karakter siswa dan perkembangan ilmu yang mengikuti zaman

Kemerdekaan dalam menjalani aktivitas sebagai guru masih perlu ditingkatkan terutama dalam melayani kebutuhan anak agar bisa berkembang sesuai kodrat alamnya, minat dan bakatnya.

2. Harapan dan Ekspetasi

Sebagai pendidik saya berharap bisa lebih merdeka menuntun anak sesuai kodratnya, melayani kebutuhan anak yang berbeda beda dalam proses pembelajaran dan memberikan ilmu untuk kecakapan hidup sesuai zaman. Bisa menjadi teladan saat didepan, bisa mebangun semangat saat ditengah atau berasma, dan memberikan dorongan dari belakang.

Sehingga harapannya saya bisa melihat murid murid bisa berkembang sesuai ide, pikiran kreatif, minat bakat mereka, sehingga mereka mampu dan cakap dalam menjalani hidup dan berkarya di lingkungannya sesuai zamannya.

Kegiatan dan materi tentang metode pembelajaran yang berorientasi dalam memerdekakan anak untuk mengembangkan dirinya sesuai minat bakat mereka yang diharapkan di dapat di modul ini